Sistem Informasi Geografis (SIG)


Sistem Informasi Geografi (SIG) merupakan suatu kesatuan sistem (berbasis komputer) untuk pengelolaan, penyimpanan, pemrosesan, analisis, dan penayangan (display) data yang terkait dengan permukaan bumi. SIG akhir-akhir ini mengalami perkembangan yang pesat seiring dengan kemajuan dalam bidang teknologi informasi. Di Indonesia, bergulirnya otonomi daerah beberapa tahun yang lalu serta peningkatan kebutuhan akan informasi kebumian dalam rangka pengelolaan sumberdaya alam menjadi salah satu pemicu peningkatan penggunaan SIG. SIG telah banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari di berbagai bidang, bahkan bagi sebagian besar kalangan, SIG telah menjelma menjadi suatu kebutuhan yang tidak dapat ditinggalkan.
SIG terdiri dari beberapa komponen utama, yaitu: perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), data, orang (SDM), dan prosedur/manajemen. Bahkan di era komunikasi global saat ini jaringan (network) dapat ditambahkan ke dalam komponen utama SIG. Banyak kalangan memanfaatkan jaringan internet untuk aktivitas tukar-menukar informasi spasial sehingga muncul instilah SIG berbasis web atau sering dikenal sebagai webgis. Sebagai sebuah sistem, SIG memiliki beberapa kemampuan atau fungsi, diantaranya adalah: input data, manipulasi data, manajemen/ pengelolaan, query dan analisis, hingga kemampuan untuk visualisasi data dan informasi sebagai keluaran. Dengan beberapa kemampuannya tersebut, SIG telah diakui secara global dapat memberikan manfaat yang besar bila diterapkan dalam studi maupun analisis di berbagai bidang.
Untuk memahami SIG secara menyeluruh, diperlukan pengetahuan yang berimbang mengenai teori maupun teknis atau prakteknya (skill). Oleh karena itu dalam modul praktikum ini akan dijabarkan langkah-langkah tentang penggunaan SIG tingkat dasar menggunakan salah satu perangkat lunak SIG yang masih banyak digunakan oleh berbagai kalangan di Indonesia, yaitu ArcView. Adapun materi teknis SIG yang akan diberikan dalam praktikum SIG 1 ini secara umum meliputi: input data, pengelolaan data (editing objects & atributes), serta pembuatan output/ keluaran SIG berupa peta.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar