PENGENALAN GPS




GPS adalah singkatan dari Global Positioning System yang merupakan sistem untuk menentukan posisi dan navigasi secara global dengan menggunakan bantuan sistem satelit. Sistem ini dikembangkan pertama kali oleh Departemen Pertahanan Amerika dan digunakan untuk kepentingan militer maupun sipil (survey dan pemetaan).
Sistem GPS atau NAVSTAR GPS (Navigation Satellite Timing and Ranging Global Positioning System), terdiri dari tiga segmen, yaitu: satelit, pengontrol, dan penerima/pengguna. Ada 24 buah satelit GPS yang mengorbit bumi dimana 21 satelit aktif bekerja sedangkan 3 satelit berfungsi sebagai cadangan. Masing-masing satelit memiliki orbit dan kedudukan yang tetap (koordinatnya pasti).
a.       Satelit bertugas untuk menerima dan menyimpan data yang ditransmisikan oleh stasiun-stasiun pengontrol, menyimpan dan menjaga informasi waktu berketelitian tinggi (ditentukan dengan jam atomic di satelit), dan memancarkan sinyal dan informasi secara kontinyu ke pesawat penerima (receiver) dari pengguna.
b.      Pengontrol bertugas untuk mengendalikan dan mengontrol satelit dari bumi, baik untuk mengecek kesehatan (kondisi) satelit, penentuan dan prediksi orbit dan waktu, sinkronisasi waktu antar satelit, dan mengirim data ke satelit.
c.       Penerima/Pengguna bertugas menerima data dari satelit dan memprosesnya untuk menentukan posisi (posisi tiga dimensi, yaitu koordinat di bumi plus ketinggian), arah, jarak, dan waktu yang diperlukan oleh pengguna. Ada dua macam tipe penerima, yaitu tipe NAVIGASI dan tipe GEODETIC, yang termasuk tipe navigasi antara lain: Trimble Ensign, Trimble Pathfinder, Garmin, Sony, dan lain sebagainya. Sedangkan tipe geodetic antara lain: Topcon, Leica, Astech, Trimble 4000, dan lainnya.

Pada dasarnya penentuan posisi dengan GPS adalah pengukuran jarak secara bersama-sama ke beberapa satelit (yang koordinatnya telah diketahui) sekaligus. Untuk menentukan koordinat suatu titik di bumi, receiver setidaknya membutuhkan 4 satelit yang ditangkap sinyalnya dengan baik. Secara default, posisi atau koordinat yang diperoleh bereferensi ke global datum, yaitu World Geodetic System 1984 atau disingkat WGS’84.    dibagi menjadi dua metode, yaitu metode absolut dan metode relatif.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar